Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alasan Kenapa Orang Menggeber Motor Saat Berganti Gigi (Rev Matching)

Alasan Kenapa Orang Menggeber Motor Saat Berganti Gigi/Perseneling

Pernahkah kalian melihat orang menggeber motor saat ingin turun atau naik gigi di motornya? Dan juga apa alasan rasional pemotor menggeber-geber gas ketika berpindah perseneling itu tidaklah jelas.

Namun ternyata tidak begitu, ada pemahaman tersendiri soal kasus yang satu ini. Sebenarnya sangat sulit sekali menjelaskan ini tanpa ilustrasi.

Jadi saya minta pembaca mengerahkan kekuatan imajinasi sekeras mungkin, Hehe. Berikut adalah gambaran yang sangat disederhanakan:

Alasan Kenapa Orang Menggeber Motor Saat Berganti Gigi/Perseneling

Bayangkan kepingan gerigi yang terhubung ke roda motor lewat rantai. Anggap saja ada 10 gigi pada gerigi ini.

Di dalam mesin anggap saja ada empat kepingan gerigi dengan ukuran berbeda: 10, 20, 30, dan 40 gigi.

Coba kita pasangkan gerigi 1 pada gerigi penggerak roda. Jika mesin berputar 1000 kali, roda juga akan berputar 1000 kali.

Lalu jika kita pasangkan gerigi 4, mesin tetap berputar 1000 kali, sedangkan roda akan berputar 4000 kali.

Tapi mesin sepeda motor tidak berputar konstan pada 1000 putaran. Kita kemudian mengendalikannya lewat tuas gas di setang kanan.

Saat memulai berkendara, kita gunakan gerigi 1 karena tenaganya paling besar pada putaran rendah sehingga bisa menggerakkan motor.

Semakin cepat motor melaju, dimana roda semakin cepat berputar, kita harus berpindah ke gerigi yang lebih besar supaya mesin tidak perlu susah payah untuk mencapai kecepatan yang diinginkan.

Nah, sekarang bayangkan kita sedang berkendara pada pada kecepatan tinggi, dan anggaplah mesin berputar pada 1000 putaran per menit pada gigi 4, dan roda berputar pada 4000 putaran per menit.

Untuk berpindah ke gerigi 3, kita harus menaikkan putaran mesin ke 1333 supaya roda tetap berputar 4000 kali.

Jika kita tidak menaikkan putaran mesin, maka gerigi roda akan menghantam gerigi mesin, sehingga memaksa roda turun ke 3000 putaran secara tiba-tiba. Ini akan menyebabkan motor tersentak dan itu sangat tidak nyaman. Jika ini sering terjadi, mesin bisa rusak, lho.

Karena itulah pengendara motor menggeber mesin saat menurunkan gerigi, yaitu untuk mencocokkan putaran mesin dengan putaran roda. Istilah Inggrisnya "Rev Matching".
Fauzan Al-Anshori
Fauzan Al-Anshori Punya hobi fotografi serta sangat suka ilmu Agama Islam. Terkadang ia juga sering melampaui batas dalam berkendara jika lingkungannya kondusif. | IG: @alanshori.fauzan

Posting Komentar untuk "Alasan Kenapa Orang Menggeber Motor Saat Berganti Gigi (Rev Matching)"