Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mengendarai Dan Menyetir Mobil Yang Jarang Diketahui Orang

Toyota Avanza Veloz 1.5 2017
Ada kalanya kita menyempatkan waktu untuk bersilahturahmi dengan keluarga, liburan dengan keluarga, dan berbelanja dengan keluarga. Atau apakah anda disini ada yang berprofesi menjadi driver? 

Mau mencari info lebih mengenai tips mengendarai mobil yang jarang diketahui banyak orang? Disini tempatnya!

Disadari apa tidak, jumlah kendaraan pribadi makin tahun makin banyak! Karena memang kendaraan sendiri sangatlah penting terutama mobil. 

Ada banyak sekali macam merek mobil yang dikenal saat ini, dan tingkat kenyamanan antar merek mobil memang saya akui berbeda beda, bahkan setiap orang itu dipastikan cara menyetirnya berbeda beda. 

Namun bila anda sudah berpengalaman menyetir dengan nyaman atau dikenal menyetirnya enak, penumpang pun pasti merasa enak dan puas.

Anda pasti ada cara sendiri sendiri, atau pasti sedang mencari cara untuk apa sih, tips rahasianya dalam mengendarai mobil? 

Disini saya tidak akan memberikan tips saja tapi juga beberapa hal yang bukan tips, tapi itu juga harus anda ketahui fakta dan tips berikut ini karena jarang juga lho yang tahu tips ini hehe, cekidot.

Di kondisi Tertentu, Pemilihan Transmisi mempengaruhi kenyamanan penumpang

Misalnya begini, untuk jalan perumahan ada baiknya jika anda sedang membawa mobil bersama dengan keluarga, ada baiknya langsung saja mulai dari transmisi 2 dahulu.

Kenapa? Karena jika kita memulai langsung dari transmisi 1, akselerasi mobilnya akan terasa kencang. Penting ini bagi yang membawa ibu/istri hamil atau semacamnya.

Tapi ingat! Hanya di kondisi tertentu ya, yang saya maksud tertentu disini adalah jika jalannya naik/turun. 

Jadi jika jalanannya naik tapi tidak curam ada baiknya permainkan transmisinya tepat 1 diatas transmisi seharusnya (Butuh praktek lebih lanjut mengenai ini).

Jangan mainkan tepat di transmisi yang sekiranya pas, karena mobil akan lebih kencang dan lebih sedikit tidak nyaman akselerasinya dari pada memilih transmisi diatas seharusnya.

Karena dorongan transmisi yang tinggi bisa jadi lebih nyaman di kondisi jalan berbukit tertentu, nah tapi transmisi rendah biasanya lebih di akselerasi.

Pemilihan lagu yang Anda rasa enak didengar mempengaruhi gaya berkendara

Coba saja praktekan, jika anda mendegar lagu sedih/lagu berintonasi santai, maka anda akan lebih cepat mengantuk.

Namun beda cerita bila anda mendengar lagu semangat, maka stamina mengendarainya pun akan terjaga dan anda tetap fit.

Bahkan jika anda mendengarkan lagu yang anda senangi, dipastikan jadi semangat untuk mengendarai di saat-saat tertentu.

Menentukan jalan mana yang ingin dilewati (pemilihan jalan) akan sangat berpengaruh terhadap Stamina dan waktu tiba

Misalnya saja anda sudah menentukan dari awal jalan mana yang akan dilewati dengan Google Maps/Waze, maka tingkat kelelahan anda bisa sangat diminimalisir dari pada harus ribet-ribet cari alamat saat di pertengahan jalan.

Jangan melepas pedal gas mendadak secara sering!

Akan membuat penumpang sangat merasa tidak nyaman, apalagi disaat bermain transmisi rendah namun kecepatan sudah mumpuni untuk meningkatkan transmisi.

Lepas pedal rem sesaat sebelum benar-benar berhenti, lalu injak lagi ketika ingin berhenti

Hah? maksudnya apa? pertanyaan bagus. Jadi ketika anda ingin berhenti total, pastinya anda akan menginjak pedal rem kan?

Nah, sesaat banget sebelum berhenti, anda lepas pedal remnya dulu sesaat saja, baru injak lagi.

Kenapa? Agar pengereman piringan rem tidak terasa lock dan membuat penumpang bahkan tidak merasakan bahwa anda sebenarnya sedang menginjak rem!

Jaga jarak ke depan? Sudah biasa! Pikirkan juga jarak mobil dibelakang anda!

Ingin terhindar dari kecelakaan dengan presentase 30%? Saatnya anda mengubah gaya berkendara anda dengan cara ini! Sering ada yang namanya kecelakaan tabrak belakang.

Yap memang kadang itu karena mobil belakang secara kencang menabrak sisi belakang mobil kita. 

Secara memang itu murni kecelakaan ya, tapi secara usaha, dan karena manusia juga ditakdirkan untuk berusaha, ini bisa mencegah kecelakaan secara efektif apalagi jika dibarengi dengan berdoa sebelum berangkat! 

Jika anda belum tahu trik ini, caranya cukup mudah, yaitu jangan mengerem dadakan saja dan selalu perhatikan mobil belakang.

Jika Anda kira mobil belakang mengendarainya cukup arogan (Kencang namun sangat suka mepet/mencium bemper mobil), anda cukup kasih saja dia untuk mendahului mobil anda.

Perkirakan tekanan rem mobil Anda dengan jarak antara mobil Anda ke mobil di depan Anda

Nah, ini baru matematika! Bukan menghitung himpunan segala macam! Eh bercanda deng.

Tips ini kadang suka diperlukan jika sedang di jalan tol. Anda harus memperkirakan apakah anda bisa mengerem dengan nyaman saat tiba-tiba kendaraan depan berhenti karena macet?

Macet di Gate Out Tol atau di keluar Tol? Serobot saja agar lebih cepat!

Jika sedang macet di gate out di tol atau ingin keluar tol saja, agar anda bisa melalui macet itu dengan cepat, ada baiknya Anda keluar dari jalur terkanan dari lajur keluar yang disediakan, lalu lewati barisan itu dari kanannya.

Sekiranya sampai Anda melihat ada truk besar atau truk tronton, langsung rebut lajurnya saja.

Ingat hitung juga ke ujung pembatas antara lajur keluar tol dan lajur tol dalamnya ya, jangan terlalu lama-lama karena bisa bisa anda malah kebablas masuk lagi kedalam tolnya hehe.

Ohiya kenapa saya sarankan hanya rebut lajur truk besar saja? Karena truk besar gampang direbut lajurnya.

Selalu ingat untuk jangan merebut jika lajurnya banyak kendaraan pribadi bahkan Bis, karena jarang ada driver yang mau direbut lajurnya begitu saja.

Selalu pilih lajur paling kiri di tol jika macet total bahkan bahu jalan bila dipelukan

Tips Ini sangat efektif untuk menghemat waktu. Bedakan rasanya jika Anda melewati bahu jalan dan di lajur paling kanan saat macet.

Nah yang unik, alasan kenapa lajur kanan yang selalu lambat stop&go nya masih saya tidak tahu sampai sekarang hehe, masih menjadi misteri alam.

Kesimpulan

Saya yakin, setiap orang pasti punya gaya mengendarainya masing-masing, tapi tips diatas layak untuk anda coba karena kemungkinan besar hal-hal diatas adalah tips yang hanya sudah dikuasai oleh pengendara yang sudah mempunyai jam terbang tinggi.

Mungkin anda bertanya tanya, kenapa dua tips terakhir saya merahkan? Karena tips ini mungkin tidak layak untuk ditiru tapi juga bagus juga saat anda sedang dikejar waktu.
Evan Nugraha Permana
Evan Nugraha Permana Hobi Fotografi, Riding & Suka Dunia Otomotif | IG : @evannpermana

Posting Komentar untuk "Tips Mengendarai Dan Menyetir Mobil Yang Jarang Diketahui Orang"